Laman

Senin, 08 Oktober 2012

Usia 80 Tahun Masih Jadi Model

Ada banyak profesi yang pelakunya punya batas waktu pendek karena kendala fisik yang sulit diperangi. Di dunia olahraga seseorang hanya mampu menggelutinya paling lama sekitar 15-an tahun dari usia belasan hingga sekitar 30-an tahun. Dunia model pun tak jauh dari itu. Tak banyak yang mampu bertahan hingga usia di atas 30 tahun. Karena profesi ini menuntut penamplan fisik yang prima, mereka yang sudah di atas 30 tahun biasanya tersisih dengan sendirinya.

Maka saat mendengar seorang peragawati masih manggung di catwalk saat usianya memasuki 81 tahun, pasti banyak yang terperangah tidak percaya. Membayangkannya saja sulit. Gambaran umum kita: perempuan seusia itu tentulah sudah jadi nenek-nenek yang jalannya pun harus dibantu tongkat. Tetapi lihatlah Carmen Dell'Orefice! Kesan itu segera sirna, berganti dengan kekaguman.
Sekarang ia menjadi model tertua di dunia yang masih aktif memperagakan busana di catwalk/runway. Dan tentang masih aktifnya ia di dunia modeling di saat usianya tak muda lagi itu, ia hanya mengatakan, "Usia hanyalah angka."
Carmen dilahirkan di New York pada 3 Juni 1931. Masa kecilnya tidak bahagia. Kedua orangtuanya yang berbeda bangsa, Italia dan Hungaria, kerap berpisah tapi kemudian bersatu lagi. Seringnya putus-sambung ini membuat masa kecil Carmen kesulitan. Apalagi kedua orangtuanya bukanlah orang kaya. Ia kemudian memilih tinggal bersama kerabatnya. Lalu, ia memilih tinggal di tempat penampungan anak karena alasan ekonomi.

Setelah cukup lama berpisah dengan orangtuanya, saat usianya 13 tahun ia kembali bersatu dengan ibunya. Ketika itu ia sudah punya keinginan, setelah dewasa kelak ia ingin jadi balerina. Ibunya pun memasukkannya ke sekolah balet. Sayangnya cita-cita itu kandas di tengah jalan karena ia terkena penyakit demam rematik.

Lalu suatu hari, Carmen bertemu istri fotografer Herman Landshoff. Melihat penampilannya, ia tertarik mengajak Carmen untuk menjadi foto model. Saat itu Herman menjadi fotografer majalah Harper Bazaar. Carmen kemudian mengikuti tes. Beberapa hari kemudian ibunya menerima surat yang menyebutkan Carmen tak lulus tes karena tidak fotogenik.

Namun ia tak patah semangat. Setelah gagal jadi balerina, satu-satunya profesi yang ingin dikejarnya adalah foto model. Suatu kali ibunya membawa foto Carmen dan menemui editor majalah Vogue, Carol Phillips. Ternyata sambutannya baik. Ia bahkan kemudian ditawari tampil di majalah Vogue dengan kontrak US$7,5 sejam. Ketika itu usia Carmen menginjak 15 tahun. Ia kemudian tampil dalam 17 halaman full. Fotografer yang menanganinya pun Erwin Blumenfeld, fotografer terkenal saat itu. Setelah itu ia terlibat dalam berbagai kegiatan modeling. Bahkan ia tampil juga untuk cover dan menjadi model termuda yang gambarnya masuk cover Vogue di saat usianya 16 tahun. Bayarannya pun makin meningkat.

 Meski ia sering tampil di majalah, baik di halaman dalam maupun cover, hidup Carmen dan ibunya terbilang miskin bagi seorang model. Ia tinggal di apartemen yang tak bertelepon. Untuk mendapatkan pekerjaan, biasanya pihak Vogue mengirim utusan untuk memberitahukannya ke aparteman Carmen.

Ia menikah di akhir tahun 1950-an dengan Bill Miles. Mereka dikaruniai seorang anak. Namun kemudian bercerai. Carmen menikah lagi dengan fotografer Richard Heimann tahun 1958, akan tetapi hanya bertahan enam bulan. Perceraian itu mendorongnya pensiun dari dunia model padahal usianya baru 27 tahun!

Ia menikah lagi pertengahan tahun 1960-an dengan seorang arsitek. Pernikahannya terbilang lama dan bertahan hingga sembilan tahun. Perceraian ini berbeda dampaknya dengan perceraian keduanya. Jika saat itu setelah cerai ia memutuskan pensiun dari dunia modeling, kali ini perceraian justru membuatnya kembali ke dunia modeling meskipun usianya sudah 47 tahun. Sejak saat itu hingga saat ini ia tetap berkiprah di dunia modeling.

Tahun lalu, saat merayakan ulang tahunnya ke-80, ia dianugerahi gelar Doktor Honoriscausa dari University of the Arts London atas dedikasinya di dunia modeling. Kini ia dinobatkan sebagai model tertua yang masih aktif. Dengan usianya yang setua itu sulit membayangkan ia masih enerjik. Tetapi ia sendiri membuktikan bahwa ia masih mampu, serta tampak cantik nan anggun saat bergaya di catwalk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar