Laman

Senin, 19 Maret 2012

Cara Menabung yang Baik

Untuk beberapa hal, uang bisa berguna untuk memudahkan kehidupan kita. Tapi, jika kita tidak bisa mengelola uang dengan baik, kita sendirilah yang terkena dampak negatifnya. Karena itu, ada baiknya jika kemampuan mengelola dan menghargai uang itu diajarkan sejak dini kepada anak-anak kita, sehingga mereka bisa bertumbuh menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dalam menggunakan uang. Lalu, bagaimana caranya?

"Sistem tiga toples kosong" bisa menjadi satu cara yang menyenangkan. Cara yang diambil dari ThreeJars.com ini memungkinkan para orangtua untuk menciptakan healthy money habits atau kebiasaan mengelola uang secara baik kepada anak-anak mereka. Dengan sistem tiga toples ini, anak-anaknya diajarkan untuk menjadi bertanggung jawab soal uang sekaligus mengetahui pentingnya memberi/membantu orang lain.

Yang perlu dilakukan hanya menyediakan tiga toples besar yang kosong: satu toples berisikan uang yang ditujukan untuk menabung, satu toples menyimpan uang yang ditujukan untuk digunakan, dan satu toples sisanya menyimpan uang yang ditujukan untuk amal.

Para orangtua bisa mengajarkan anak-anaknya untuk memasukkan 50% uang yang dimiliki anak-anak itu ke dalam toples "menabung", 40% ke toples "pembelanjaan", dan 10% ke toples "sumbangan". Dengan cara ini, para orangtua membangun sejak dini pola mengelola uang yang sehat.

Sistem ini bisa juga didukung dengan tips berikut ini:

- Berikan kepercayaan pada anak-anak untuk memakai uang asli. Jika anak-anak sudah mulai melakukan transaksi dengan uang mereka sendiri, alih-alih uang orangtua mereka, anak-anak itu akan mulai berpikir dua kali untuk menghabiskan uang mereka sendiri.

- Ajarkan anak-anak bahwa ada "pekerjaan" yang akan mendapat "upah". Bahwa uang baru bisa diperoleh jika sudah ada usaha yang dikeluarkan untuk pekerjaan itu.

- Memberi "upah" sesuai dengan usia anak-anak. Pertimbangkan terlebih dulu usia anak-anak kita, harapan kita akan tujuan penggunaan upah itu, dan anggaran keuangan keluarga kita.

Semoga cara simpel ini bisa membantu membentuk healthy money habits dalam diri anak-anak kita semua. Luar biasa!

1 komentar:

  1. Nice Info, benar sekali bagaimanapun semangat menabung harus ditanamkan sejak dini. Apalagi sekarang dengan Menabung rutin dan Mengajak Rekan Menabung Juga bisa menghasilkan INCOME JUTAAN rupiah per bulan http://tabunganmilyarder.weebly.com/

    BalasHapus