Laman

Jumat, 02 Maret 2012

Nametag Guy, Cara Aneh yang Menginspirasi

Adalah Scott Ginsberg yang punya ide itu. Suatu ketika saat ia mahasiswa, ada kegiatan yang membuat setiap peserta harus menempelkan nama di bajunya. Sejak saat itu ia tak pernah melepas nametag-nya.

Hingga saat ini berarti sudah 12 tahun Scott mengenakan nametag-nya terus-menerus. Ke mana pun dan di mana pun nametag itu tak pernah ia lepas. Tentu saja ia memiliki banyak stok nametag untuk ia lekatkan pada baju yang ia pakai.

"Ini memang aneh, tetapi banyak manfaatnya," kata Scott. "Ada banyak orang yang hanya sekadar mendekati saya. Tetapi di hari pertama saya mengenakannya ada 20-an orang yang mendekati saya. Lalu mereka punya alasan untuk bilang, ‘helo'," ungkap Scott

Bagi Scott, banyaknya orang yang melihat nametag-nya serta kemudian mendekatinya dan bertanya kepadanya, itu penting. Dari sinilah ia menulis buku yang ia beri judul The Nametag Principle pada tahun 2001. Prinsipnya adalah jadilah diri kita mudah didekati dan lebih terbuka. Dengan mengenakan nametag tiap hari, kata Scott, itu menunjukkan ia atau siapapun yang mengenakannya jadi lebih siap bertemu siapa pun, terbuka pada sesuatu hal baru dan peluang baru yang tak diduga baik untuk pengembangan karier maupun pengembangan diri. Selain itu juga menandakan dirinya terbuka untuk menolong orang lain.

Ini bukan sekadar teori, Scott sendiri mengalaminya. Suatu kali ketika ia naik bis, ada penumpang yang melihat aneh kepadanya karena mengenakan nametag itu. Scott buru-buru menghampirinya dan duduk di sampingnya. Lalu ia bercerita bahwa ia baru menulis buku The Nametag Principle.

Beberapa hari kemudian ia mendapat telepon dari The Portland Tribune. Ternyata dari seorang editor dari koran itu yang ingin mewawancarainya. Koran tersebut memiliki sindikasi dengan penerbitan besar di Amerika Serikat yang diedarkan secara nasional. Akhirnya artikel tentang Scott muncul di koran itu dengan judul "The Nametag Guy". Tak hanya itu, dari tulisan itu profilnya juga muncul di CNN. Kenapa bisa? Itu karena lelaki yang memandang aneh nametag-nya di bis itu adalah anak editor The Portland Tribune.

Seperti itulah manfaat mengenakan nametag setiap hari, kata Scott. Scott sendiri sekarang jadi pembicara di mana-mana dan sudah menulis 12 buku. Itu hasil dari dia mengenakan nametag selama 12 tahun atau lebih dari 4000 hari. Luar biasa!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar