Laman

Jumat, 16 Maret 2012

Wisdom Motivator Stephen Covey

Stephen Covey, penulis buku megabestseller, 7 Habits of Highly Effective People, memberikan hal-hal penting yang akan membuat hidup kita semakin cemerlang dan lebih terarah.

Jadilah lebih proaktif

Sering kali kita meng-underestimate peran kita dalam posisi yang sedang dijalani saat ini. Padahal, setiap profesi sebenarnya pasti punya manfaatnya tersendiri. Karena itu, proaktif dalam konteks di sini bisa kita maknai sebagai upaya untuk menjadikan peran kita benar-benar menjadi satu bagian yang mampu "melengkapi" satu sama lain.

Misal, seorang sopir akan jadi "kekuatan" bagi bos yang disopirinya, saat ia mampu mengemudi dengan profesional dan selalu mengantarkan sang bos ke tempat tujuan dengan selamat. Karena tanpa disadari, profesionalitasnya ini barangkali akan menjadikan banyak deal besar bisa termaksimalkan karena peran sang sopir yang bisa mengantarkan bos tepat waktu.

Tajamkan "kapak"

Menajamkan "kapak" ini bisa diartikan sebagai memilih dan memilah mana proses kerja yang harus dimaksimalkan, sehingga semua urusan bisa terselesaikan dengan baik.

Ada rumusan yang sering kita kenal dengan hukum pareto 20:80. Di sini, saat kita berhasil memprioritaskan 20% hal terpenting, maka sisanya yang 80% akan lebih mudah terselesaikan-dengan sendirinya.

Coba untuk mengerti, sebelum ingin dimengerti

Sejatinya kita tercipta dengan dua telinga dan hanya satu mulut. Ini bisa diartikan bahwa kita harus lebih banyak mendengar dibanding berbicara. Karena itu, untuk lebih sukses ke depannya, ada baiknya kita lebih mengutamakan mendengar terlebih dulu sebelum minta untuk didengar.

Menurut Stephen Covey, dengan cara ini kita sebenarnya sedang "berinvestasi" untuk menjadikan partner bicara sebagai bagian yang akan "ikut" menyukseskan setiap langkah yang akan kita tempuh ke depan. Misal, seorang sales yang baik akan lebih dulu mendengar kebutuhan orang yang akan ditawari produknya, dibanding langsung menawarkan produk tanpa tahu apa yang diinginkan calon konsumen. Pendekatan "memahami" lebih dulu ini akan membuat sang sales justru bisa menawarkan banyak solusi bagi konsumen sehingga konsumen itu mau memakai produk yang ditawarkan si sales.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar