Laman

Rabu, 14 Maret 2012

Trik Sukses dari Li Ka-Shing (Orang Terkaya se-Asia)

Dari seorang yatim di Hong Kong, Li Ka-Shing mampu mengubah hidupnya menjadi sosok terkaya di Asia. Bahkan, ia menjadi orang terkaya se-Asia versi majalah Forbes 2012, dan termasuk ke dalam 10 besar orang terkaya sedunia. Namun, kesuksesannya tak membuat dirinya segan untuk membagikan ilmu ataupun harta untuk kegiatan sosial.

Kedermawanannya terbukti dengan didirikannya "Li Ka Shing Foundation" pada 1980 dan organisasi-organisasi amal lainnya, yang mendonasikan jutaan dolar untuk pendidikan dan rumah sakit di Asia Timur dan Amerika Utara. Li Ka Shing Foundation ini pula yang mengumpulkan beberapa tips dan pepatah yang merepresentasikan kehidupan sang taipan. Berikut beberapa trik sukses yang pernah diucapkan langsung oleh CEO Cheung Kong Holdings Limited dan Hutchison Whampon Limited beberapa waktu lalu:

- Sebagai pemimpin, seseorang harus lebih sering menghabiskan waktu merencanakan masa depan.

- Jangan terlalu optimis ketika pasar sedang bagus, jangan pula terlalu pesimis ketika pasar sedang buruk.

- Reputasi yang bagus bagi perusahaan dan diri Anda adalah aset berharga yang tidak ternilai meski tidak tertulis dalam laporan keuangan.

- Tidak peduli betapa kuat atau ahlinya Anda di satu bidang, jika Anda tidak punya hati dan niat yang kuat, Anda tidak akan sukses.

- Untuk menjadi manajer yang baik, sikap dan kemampuan adalah bahan dasar yang harus seimbang. Seorang pemimpin bisa memberi inspirasi kepada bawahannya, sementara seorang bos mendominasi bawahannya sehingga mereka merasa kecil.

- Rumus untuk bisa sukses itu sulit ditemukan, Anda pun harus berhati-hati karena tanda-tanda kegagalan justru tersebar di mana-mana. Membangun sebuah fondasi yang bisa meminimalisasi kegagalan sudah terbukti bisa menjadi jalan pintas menuju kesuksesan.

- Seorang manajer yang sukses adalah yang bisa membaca bakat orang lain. Tak hanya mereka bisa memilih orang yang lebih pintar dari dirinya, tetapi juga bisa menghindari memilih karyawan yang terlalu bangga akan dirinya melebihi keahlian aslinya.

- Seni sebuah manajemen yang bagus terletak pada kapasitasnya menerima tantangan, serta kemampuannya melebur pemikiran baru dan lama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar