Laman

Senin, 11 Juni 2012

11 Aturan Hidup Bill Gates

Bill Gates (pendiri Microsoft yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia) pernah memberikan 11 aturan hidup dalam pidatonya di hadapan siswa-siswa sebuah sekolah menengah atas. Mungkin di antara kita sudah ada yang pernah membacanya di tempat lain, tapi bagi mereka yang belum membacanya silakan menyimak kesebelas aturan berharga tersebut di sini :

Aturan 1: Hidup ini tidak adil - biasakan diri kalian dengan kenyataan ini!

Aturan 2: Dunia tak kan peduli harga diri kalian. Dunia hanya menginginkan kalian bisa menghasilkan suatu karya atau pencapaian SEBELUM kalian bisa merasa nyaman dengan diri kalian sendiri.

Aturan 3: Kalian TIDAK akan mendapat gaji besar begitu lulus sekolah. Kalian tidak akan bisa jadi seorang wakil presiden dengan fasilitas mobil sampai kalian benar-benar layak mendapatkannya.

Aturan 4: Jika kalian beranggapan guru kalian bersikap keras, tunggu sampai kalian mendapat seorang bos.

Aturan 5: Jangan gengsi melakukan pekerjaan part-time. Kakek-nenek kalian punya istilah yang berbeda untuk pekerjaan semacam ini - mereka menyebutnya peluang.

Aturan 6: Jika kalian berbuat salah, itu bukan kesalahan orangtuamu. Jadi jangan mengeluh karena kesalahan-kesalahanmu, melainkan ambil pelajaran dari kesalahan itu.

Aturan 7: Sebelum kalian lahir, orangtua kalian tidak bersikap membosankan seperti sekarang. Mereka seperti itu karena harus membayar tagihan-tagihan kalian, membersihkan pakaian kalian, dan mendengarkan kalian bercerita betapa kerennya kalian. Jadi sebelum kalian menyingkirkan parasit-parasit dari generasi orangtua kalian, cobalah hilangkan dulu kutu-kutu di dalam diri kalian.

Aturan 8: Sekolah kalian bisa saja tidak memilih mana pemenang dan mana pihak yang kalah, tapi hidup TIDAK SEPERTI ITU. Di beberapa sekolah, nilai-nilai yang jelek bisa dihapus begitu saja. Mereka akan memberi kalian BANYAK SEKALI kesempatan untuk memperbaiki kegagalan kalian. Hal ini TIDAK AKAN TERJADI di dalam kehidupan nyata.

Aturan 9: Hidup itu tidak terdiri dari semester-semester. Kalian tidak akan mendapat waktu istirahat. Dan hanya ada segelintir pemberi kerja yang tertarik untuk membantu kalian dalam MENEMUKAN JATI DIRI KALIAN. Lakukan itu sendiri.

Aturan 10: Televisi BUKAN kehidupan nyata. Dalam kehidupan nyata, orang-orang malah harus meninggalkan kedai kopi dan bekerja.

Aturan 11: Bersikap baiklah dengan orang-orang nerd (baca: orang yang jarang bersosialiasi dan lebih banyak berkutat dengan buku-buku pelajaran). Mungkin saja, salah satu dari orang-orang ini akan jadi atasan kalian.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar