Laman

Jumat, 15 Juni 2012

A Place Called Home

Maiti Nepal, yang berarti "Rumah Ibu", adalah organisasi non profit yang didirikan oleh Anuradha Koirala, seorang wanita kelahiran 14 April 1949. Maiti Nepal menjadi tempat perlindungan bagi perempuan yang diselamatkan dari perdagangan seks di India. Mereka yang tinggal di rumah itu, diizinkan untuk tinggal disana, sampai mereka siap dan mampu hidup sendiri, atau dijemput keluarga.

Para korban yang diselamatkan oleh Anuradha merasa bebas dan damai tinggal di Maiti Nepal. Anuradha dianggap pahlawan sekaligus Ibu bagi mereka. Karena, dalam rumah tersebut, mereka mendapatkan kasih sayang. Anuradha tidak hanya menyelamatkan, namun ia juga memberikan kehidupan dan kepercayaan baru kepada mereka. Maiti Nepal seperti surga bagi mereka.

Salah satu korban yang diselamatkan berkata, "Ibu saya melahirkan saya. Tetapi beliau memberikan saya segalanya."
 
Dan, di rumah inilah, perempuan-perempuan yang menjadi korban perdagangan seks, mendapat kesempatan untuk "hidup" lagi. Mereka belajar keterampilan, mereka di terima apa adanya. Terlebih yang menderita HIV/AIDS, Anuradha menerima mereka semua dengan lapang dada. Bersama dengan perempuan-perempuan lain, Anuradha berkeliling dan mengkampanyekan "Stop Trafficking Women".

Imagine if your daughter is one of them, what will you do? I will fight for them, we have to join hands and help them and send them to home - Anuradha Koirala
 
Pada 25 Agustus 2006, Anuradha menerima penghargaan Courage of Conscience dari The Peace Abbey di Sherborn, Massachussetts. Dan beliau memenangkan penghargaan CNN Heroes pada tahun 2010.

***
Bahkan wanita pun diperdagangkan! Sejak usia mereka yang masih kecil, belasan tahun sudah mengalami keras dan kejamnya dunia. Moral manusia seolah sudah punah. Semoga semangat Anuradha bisa memberikan inspirasi kepada kita semua agar kita pun berani melakukan kebaikan, berani melawan yang tidak benar, dan bekerja sama menciptakan kehidupan baru bagi mereka yang membutuhkan.

When people ignoring you and let you down, you always can run back to home, where you accepted just the way you are - Rosita Lim

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar